TANYA JAWAB : SEPUTAR PRODUK IMMUNOCAL SEBAGAI PRECURSOR GLUTATHIONE

Tanya Jawab : Seputar Produk IMMUNOCAL sebagai PRECURSOR GLUTATHIONE

Dihimpun Oleh : Dr.Rudi Salan
Mantan Kepala Pusat Penelitian Penyakit Tidak Menular
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Departemen Kesehatan Republik Indonesia

Apa itu Immunocal?
Immunocal adalah suatu protein tambahan yang berisi Cystein dalam keadaan padat.
Dalam pengertian lain, Immunocal adalah Isolat Protein Serum Susu yaitu suatu senyawa berprotein tinggi yang begitu luar biasa, sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kesembuhan karena telah terbukti secara klinis mampu membantu berbagai penderita penyakit kronis.

Dari apa Immunocal dibuat?
Immunocal dibuat dari protein yang diambil dari bagian susu, dalam bahasa Inggris disebut dengan Whey. Oleh karena itu Immunocal disebut juga dengan Milk Serum ( Whey ) Protein Concentrate.

Whey adalah cairan susu yang terdapat pada proses pembuatan keju.
Whey berisi Milk Serum Concentrate ( WPC ) yang berguna untuk meningkatkan secara nyata pembuatan antibodi ( zat yang aktif dalam proses kekebalan tubuh ). Whey ini berisi Cystein.

Apa yang dimaksud dengan Cystein?
Cystein merupakan senyawa pemula ( precursor ) dari pembentukan Glutathione.
Cystein terdiri dari dua molekul yang digandeng secara kimiawi melalui sulfhidril, Molekul kemudian dipecah sewaktu menembus dinding sel menjadi dua molekul cystein.

Apa fungsi Cystein dalam tubuh?
Cystein termasuk zat yang labil dan cepat memecah diri menjadi zat lain sebelum masuk ke dalam sel.
Dalam bentuk Cystein, zat ini secara alamiah terdapat dalam tubuh manusia.

Cystein adalah zat yang melalui Cystein dan akan membentuk Glutathione ( GSH ) dalam sel darah limfosit ( sel darah putih yang khasiatnya meningkatkan kekebalan tubuh ).

Mengapa tidak menelan Glutathione saja, yang merupakan zat aktif dalam meningkatkan kekebalan tubuh?
Glutathione bila ditelan begitu saja tidak dapat menembus dinding sel.
Untuk dapat bekerja, Glutathione harus berada di dalam sel-sel tubuh.
Oleh karena itu, menelan Glutathione tidak ada manfaatnya.

Apakah Glutathione ( GSH ) secara alamiah terdapat dalam tubuh kita?
Ya, dalam semua sel tubuh.
Konsentrasi yang tertinggi terdapat di dalam sel hati (liver).
Bila sel limfosit memerlukannya dalam jumlah yang banyak ( misalnya pada saat kita bekerja keras, sedang sakit, dan sebagainya ), maka sel-sel ini akhirnya akan kekurangan Glutathione GSH.

Dengan adanya tambahan Glutathione GSH dari Immunocal bukan saja akan meningkatkan konsentrasi Glutathione SH dalam sel-sel, tetapi juga membentuk persediaan Glutathione SH dalam sel-sel ini, yang dapat bertahan untuk waktu yang lama.

Apakah ada zat-zat yang diperlukan Glutathione untuk dapat bekerja secara efektif?
Ya, ada 3 macam protein, yaitu ;
  1. Serum Albulin
  2. Alfa Lactalalbumin
  3. Lactoferin
Ketiga protein ini labil sekali dan mudah terurai bila susu dipanaskan.
Melalui proses khusus dan rumit serta telah dipatenkan, ketiga protein ini dapat dipertahankan dalam Immunocal. Protein ini penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Apa hubungan ke-3 protein ini dengan Air Susu Ibu?
Di dalam ASI, konsentrasi ketiga protein ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan air susu sapi.
Dengan demikian Glutathione dapat bekerja lebih efektif.
Dengan meminum Immunocal seakan-akan kita pada umur dewasa masih mendapat keuntungan dari air susu ibu.

Apa gunanya Glutathione ?
Glutathione berguna untuk :
  1. Memperbaiki dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh.
  2. Meningkatkan produksi antibodi.
  3. Mempunyai efek antioksidan dan anti radikal bebas ( free radicals ).
  4. Melakukan detoksifikasi ( menghilangkan racun ) dari zat-zat yang dapat membuat kanker ( zat karsinogen ). Ada 12 jenis zat karsinogen yang dapat didetoksifikasi ( dinetralisasi ) oleh Glutathione, daftar tersebut dapat diperoleh melalui permintaan.
  5. Pada orang yang sudah lanjut usia, kadar GSH menurun terutama pada penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, Katarak Mata, dan Arteriosklerosis ( dinding pembuluh darah menjadi kaku ).
  6. Glutathione juga membentuk kembali Vitamin C dan E yang telah dioksidasi. Oleh karena itu Glutathione berperan penting dalam khasiat Vitamin C dan E.
Kapan radikal bebas terbentuk dalam tubuh kita?
  1. Bila kita menjadi tua. Proses penuaan terhadi karena adanya radikal bebas.
  2. Bila tubuh kita terkena sinar ultraviolet.
  3. Bila tubuh kita kemasukan zat-zat polusi (pollutant), seperti debu, asap kendaraan, asap pabrik, limbah air, makan makanan yang terkena insektisida, dan sebagainya.
Mengapa Immunocal penting bagi mereka yang mau menunaikan ibadah haji?
  1. Mereka yang menunaikan ibadah haji biasanya sudah dewasa atau sudah berusia lanjut. Pada usia lanjut biasanya kekebalan tubuh sudah menurun. Oleh karena itu mereka memerlukan makanan tambahan (supplement) untuk meningkatkan kekebalan tubuh mereka.
  2. Karena mereka sudah lanjut usia, biasanya oksidan atau radikal bebas relatif banyak, sehingga mereka memerlukan Immunocal untuk menetralisasi keadaan tubuh.
  3. Banyak di antara mereka menderita batuk-batuk karena debu dan polutan lainnya. Dengan menggunakan Immunocal mereka dapat meningkatkan kekebalan terhadap polutan ini.
  4. Immunocal merupakan zat protektif terhadap zat-zat perusak seperti radikal bebas dan oksidan.
  5. Kita tahu bahwa penyakit kanker tertentu menyerang mereka yang sudah lanjut usia. Immunocal dapat setidak-tidaknya mencegah terjadinya kanker pada orang lanjut usia.
  6. Immunocal adalah suplemen protein yang halal dan banyak dikonsumsi di negara-negara Arab.
Berapa kandungan Immunocal dalam satu sachet?
Satu sampul berisi 10 gram Immunocal mengandung Cystine, yang setara dengan kandungan cystine dalam 5 (lima) liter susu sapi murni.

Apakah Immunocal telah menjalani uji klinis?
Ya, uji klinis sudah dan masih dilakukan di berbagai negara di seluruh dunia, seperti di New Scotia Cancer Center, Kanada; University of Munich, Jerman; Rumah Sakit King Khalid, Saudi Arabia; beberapa lembaga ilmiah di Amerika Serikat seperti Harvard University; Jepang dan sebagainya.

Hal ini membuktikan bahwa Immunocal dapat dipertanggungjawakan secara ilmiah dari segi medis. Hasil-hasil uji coba ini telah diterbitkan dalam majalah-majalah ilmiah ilmu kedokteran dan biologi internasional. Hingga kini Immunocal telah didukung oleh lebih dari 19 tahun penelitian.

Catatan : efek dari Immunocal ditemukan pada tahun 1978 oleh Dr. Gustavo Bounous dan Dr. Patricia Kongshavn dari Mc Gill University di Montreal, Kanada dan dikembangkan lebih lanjut oleh para peneliti manca negara.

Apakah Immunocal sudah terdaftar di Departemen Kesehatan Republik Indonesia?
Ya! Immunocal telah terdaftar di Departemen Kesehatan RI sebagai makanan kesehatan / nutrisi dari luar negeri dengan nomor pendaftaran ML 364516001034.

Bagaimana mempersiapkan Immunocal untuk dapat diminum?
Satu bungkus Immunocal dapat diminum dalam setengah atau satu gelas sekali dalam sehari dengan mencampurkannya dengan air atau minuman apa saja yang Anda sukai.

Misalnya teh, sirup, cola, kopi dan sebagainya.
Jangan dicapur dengan cairan panas, hangat atau dingin sekali, karena dapat menguraikan zat-zat penting dalam Immunocal, terutama tiga protein yang disebut di atas di samping Cystine.

Dalam proses pencampuran ini terdapat kesan bahwa Immunocal agak sulit larut. Namun juka diaduk terus dengan sabar, Immunocal akan melarut seluruhnya dengan menghasilkan cairan yang jernih.
Di permukaan cairan terjdapat banyak busa, maka busa tersebut jangan dibuang melainkan gunakan sebagai untuk masker wajah atau kulit lain yang luka untuk kompres, sebab dalam busa tersebut ikut andil 25% kandungan collagen untuk Vit E yang bagus untuk kulit anda.

Cairan Immunocal harus diminum dalam waktu setengah jam, agar zat-zat penting di dalamnya tidak sampai terurai. Selain diaduk biasa, dapat pula dikocok karena dapat lebih cepat larut.

Sumber Diambil dari :
Buku Pedoman PT Immunotec Profarmasia